Selasa, 02 Desember 2008

Latihan Pernafasan

Latihan pernafasan
Pernafasan
Teknik pernafasan mendalam yang teratur secara perlahan selain sebagai bagian dari meditasi dan pencapaian konsentrasi terpusat juga merupakan meditasi itu sendiri. Di dalam bukunya Thick Nhat Hanh The Blooming of a lotus dia menuliskan bahwa meditasi dapat dilakukan dimanapun saat duduk, berjalan berdiri bahkan pada saat bekerja minum atau makan. Jika tubuh tenang, pikiran tenang dan sadar, pernafasan akan membuat tubuh dan pikiran menjadi satu. Di dalam pernafasan itu sendri juga membawa gambaran, suatu gambaran yang divisulisasikan dan akan tetap hidup saat menarik dan mengeluarkan nafas. Contohnya guru besar meditasi ini menyarankan agar saat Anda bernafas didalam pikiran anda ucapkan kalimat berikut :

Saat menarik nafas, saya menenangkan tubuh saya
Saat mengeluarkannya, saya tersenyum.

Saat anda mengucapkannya didalam setiap nafas anda, anda harus terfokus pada kalimat kunci tenang/senyum, dan tiba2 pikiran tak lagi berpikir, pikirian kini bernafas.
Tentu saja anda dapat menggantin dengan gambaran apaun yang sesuai bagi anda. Satu lagi kalimat yang bagi banyak orang kelihatannya berguna.

Saat menarik nafas, saya membawa masa depan
Saat mengeluarkannya, saya meninggalkan masa lalu

Cara bernafas didalam suatu meidtasi atau hiponotis diri sama dengan cara bernafas ketika anda merasa tenang, perlahan, rata, dan mendalam dari diafragma.

Tidak ada komentar: