Selasa, 02 Desember 2008

Science Behind Touch Theraphy

Science behind Touch Theraphy
Terapi sentuhan
Terapi sentuhan, dalam sebuah experiment yang diberitakan dalam international journal of parapsychology, Bernard Grad, seorang ahli biokimia dari Kanada, melakukan eksperimen dengan meletakan tangan diatas seekor tikus. Tiga ratus tikus dilukai lalu dibagi dalam tiga bagian, kelompok pertama dibiarkan sembuh tanpa pengobatan apapun, kelompok kedua diberi pertolongan medis, dan kelompok terakhir ditangani oleh healer terkenal Oskar Estebany. Tikus2 yang disentuh oleh Oskar Estebany lebih cepat sembuh dengan keecepatan yang menakjubkan.

Dalam eksperimen yang lebih mengejutkan lagi, Dolores Kreiger, PhD, RN seorang profesor di New York University dan seoang pelopor dalam konsep modern tentang seni, memimpin eksperimen yang mendokumenkan efek2 healing touch. Eksperimen healing touch yang dia lakukan tidak menggunakan manusia tatapi darah dalam sebuah botol kecil. Dia dapat mendokumenkan bahwa haemoglobin yang dimasukan ke dalam tabung uji darah meningkat setelah dilakukan healing touch. Dengan melakukan eksperimen ini pada darah ditabung uji dan bukan pada manusia yang mungkin akan terpengaruh oleh suatu interaksi, dia dapat menghindari apa yang disebut placebo effect (Placebo adalah suatu bahan atau perawatan yang sebenarnya tidak mempunyai nilai medis atau berkaitan dengan terapi. Adakalanya berhasil didapatkan respons positif dari bahan atau perwawatan semacam ini, dan respon positif ini disebut efek placebo).

Penyembuhan dengan terapi merupakan bentuk psikometri yang paling spesial. The Ameican Holistic Nurses Association mendukung kegiatan seminar yang diadakan diseluruh negara pada setiap akhir pekan dan terbuka bagi mereka semua yang tertarik dengan penggunaan energi untuk tujuan penyembuhan bagi orang lain. Tetapi ingat bahwa jika Anda ingin memberi energi kepada orang lain, maka anda harus merasa empati terhadap orang tersebut. Tingkat energi yang lebih tinggi ini dan ekspersi dari seni penyembuhan kuno yang sangat legenda ini hanya efektif saat dilakukan dengan hati yang penuh kasih sayang.

Emosi dan pikiran mengubah medan energi kita. Jadi jika kita berpikir secara negatif ”Orang in tekena kanker dan tidak mungkin sembuh” misalnya, maka tidak perduli bagaimanapun sungguh2nya ikhtiar yang anda lakukan, energi yang anda kirimkan tidak akan dapat membantu sama sekali. Disisi lain, jika seseroang yang menerima sentuhan penyembuhan tersebut sangat negatif, meragukan bahwa medan energi itu bernar2 ada atau dia tidak percaya bahwa yang kita lakukan dapat membantu, maka mereka akan membangun semaam tembok penghalang yang mencegah energi kita masuk kedalam tubuhnya. Akan sangat efektif jika dua2nya memberi dan menerima energi, mau bekerja sama untuk meningkatkan sistem kekebalan, meningkatkan energi atau mengurangi rasa sakit.

Banyak cerita tentang healer jaman dulu yang dengan mudah menyentuh orang asing dan orang asing tersebut langsung sembuh dari penyakitnya. Sedangkan sekarang ini, hukum yang kita miliki sekarang melarang diagnosa atau pengobatan dari orang lain tanpa surat yang sah. Tetapi bagaimanapun, jika Anda diterima oleh orang yang anda cintai, mungkin anggota keluarga anda saat memindai tubuh mereka dengan tangan menemukan tempat2 yang memancarkan hawa panas atau dingin. Dengan ”mengirim” sebagian energi kepada mereka, anda dapat meningkatkan vitalitas mereka atau menurunkan rasa sakit. Sentuhan memiliki suatu ikatan dan efek penyembuhan baik bagi manusia dan hewan.

Tidak ada komentar: