Selasa, 02 Desember 2008

Overview Chakra atau Pintu Energi

Overview Cakra atau Pintu Energi.
Kata Cakra berasal dari bahasa Sansekerta yang berarti Roda. Cakra adalah pintu energi yang berfungsi memompa energi kotor keluar dari tubuh dan menggantinya dengan energi baru yang lebih bersih.

Chakra adalah medan energi yang dianggap berada didalam tubuh secara fisik. Ada 7 tingkat yang utama, 21 tambahan dan masih banyak lagi yang belum terungkap. Chakra ini digambarkan seperti pusaran energi yang merupakan pergantian energi dengan alam semesta. Chakra-chakra ini sama denga titik2 akupuntur didalam pengobatan china. Diyakini ada pusat2 energi ditubuh kita. Dinamakan Chakra yang artinya roda krn seperti pusaran energi yang berputar-putar. Energi ini berjalan disepanjang aliran energi yang disebut nadis, keseluruh bagian masing2 kontrol tubuh. Secara anatomi, masing2 chakra utama berhubungan dengan anyaman syaraf utama dan chakra yang minor berghubungan dengan kelenjar endokrin.
Ketujuh chakra utama tsb adalah
1. Chakra Akara atau Dasar –dasar pada tulang belakang, dekat dengan dasar tulang belakang.
2. Chakra Sacral – terletak di perut bagian bawah, persis dibawah pusar.
3. Chakra Soar Plexus – diatas perut tengah, yaitu ditulang dada.
4. Chakra Jantung – tepat di jantung.
5. Chakra Tenggorokan – dekat dengan jakun, tengah2 tenggorokan.
6. Chakra Kening – ditengah2 dahi, sedikit diatas pangkal hidung ditengah2 alis. Mata ketiga.
7. Chakra Mahkota – diatas kepala.
Chakra mengubah energi dari frekunesi yang lebih tinggi ke bentuk kelenjar atau hormonal yang berdampak pada seluruh tubuh. Hormon-hormon ini dapat berubah karena pikiran dan emosi. Perubahan ini muncul dalam bentuk medan energi diluar tubuh (aura) yang dapat dilihat.
Literatur esoteric juga menyatakan bahwa energi chakra ini dari atas kepada dan turun ke chakra yang lebih rendah melalui tulang belakang. Tiga chakra atas dihubungkan dgn bentuk energi yang berbeda. Chakra jantung merupakan chakra transisi, yang menghubungkan antara energi 2 spiriritual tiga chakra atas dengan energi2 bumi tiga charra yang dibawah.

Setiap cakra adalah pusat emosi dan pusat energi dari sebuah lapisan tubuh. Cakra2 bagian atas lebih menarik anda ke arah spritual sedangkan cakra2 bagian bawah tubuh anda menarik anda ke arah duniawi. Ketidakseimbangan perkembangan cakra2 anda dapat membuat anda menjadi terlal spritual atau terlalu terikat dengan hal2 duniawi.

Masing2 cakra itu ada warnanya masing2 spt warna lapisan aura ditubuh kita. Jika ada orang di foto kirklan untuk melihat foto aura, warnanya meredup atau tipis biasanya cakranya juga menjadi kecil dan tipis warnanya.
Tips dari Richard Gordon daripada kita mencoba untuk membayangkan masing2 warna cakra tsb, biarkanlah body intelligence kita yang akan memutuskan warna apa yg sedang lagi dibutuhkan oleh tubuh kita. Ini yang saya sebut Multivitamin approach healing. Bayangkan saja ada warna-warna pelangi yang masuk dari bawah kaki menuju ke atas kepundah dan ketelapak tangan kita.

Tidak ada komentar: