Selasa, 02 Desember 2008

Latihan Relaksasi Otot

Latihan Relaksasi Otot
Untuk mulai latihan QT ini ada baiknya otot berada dalam kondisi relax terlebih dahuu. Telah diketahui bahwa otot akan lebih relaks jika anda merenggangkannya dulu. Jika anda mengalamai kesulitan untuk relaks, merasakan otot dileher belakang atau rahang tidak pernah dikendurkan, anda mungkin ingin mencoba latihan yang telah terbukti kebenarannya ini selama lima menit.

- Berbaringlah dengan nyaman dan pejamkan mata anda. Mulailah degan menghirup nafas, menegangkan satu kaki dan angkat beberapa senti diatas tanah. Tahan beberapa detik dan letakan dilantai lagi bersamaan dengan Anda menghembuskan nafas. Lakukan hal yang sama dengan kaki yg satunya.
- Tarik nafas dalam dan tegangkan otot satu tangan serta angkat sedikit. Tahan, lalu letakan kembali. Lakukan hal yang sama dengan tangan satunya.

- Hirup nafas dalam2 dan kerutkan otot pantat dan angkat panggul beberapa senti. Tahan dan jatuhkan.


- Hirup nafas dalam dan gembungkan perut Anda spt balon. Tahan dan kemudian buat perut relakx kembali saat anda mengeluarkan nafas.

- Hirup nafas dalam2 dan tahan sementara dada anda dilebarkan beberapa detik, Relaks saat anda mengeluarkan nafas.
- Tarik nafas dalam dan tarik bahu anda ke atas, lalu ke depan dada kemudian dorong ke bawah, relaks dan keluarkan nafas.
- Tarik nafas dalam dan tegangkan semua otot diwajah anda bersamaan termasuk kelopak mata, rahang dan mulut. Tahan dan relaks saat anda mengeluarkan nafas.
- Pusatkan perhatian Anda pada pernafasan anda. Bernafaslah dengan diafragma Anda, bukan dada anda, dan perlahan2 pernafasan anda menjadi lebih dalam pada setiap nafasnya.

Setelah latihan bebarapa kali anda dapat mampu masuk kedalam kondisi ini tanpa harus menegangkan dan membuat relaks tiap2 grup otot.

Tidak ada komentar: